shadow

BUM Desa Bhuwana Sari Jaya sampaikan Laporan Pertanggungjawaban Tahun 2018

Setelah melewati periode buku tahun 2018, BUM Desa Bhuwana Sari Jaya menyampaikan Laporan Pertanggungjawaban dalam Musyawarah Desa yang digelar pada 25 Februari 2019 di Ruang Serba Guna Kantor Desa Padangsambian Kaja. Musyawarah Desa tersebut dihadiri oleh Anggota Badan Permusyawaratan Desa Padangsambian Kaja, Perbekel Padangsambian Kaja, Perangkat Desa Padangsambian Kaja, Pengawas BUM Desa Bhuwana Sari Jaya, Pelaksana Operasional BUM Desa Bhuwana Sari Jaya, Pendamping Desa, dan Tenaga Ahli Pendamping Desa Kota Denpasar. Dalam pemaparannya Plt. Direktur BUM Desa Bhuwana Sari Jaya, Putu Ika Sawitri, S.TP menyampaikan kondisi keuangan BUM Desa Bhuwana Sari Jaya sampai dengan akhir 2018 serta memaparkan perkembangan unit-unit usaha serta kendala yang dihadapi dalam menjalankan unit-unit usaha BUM Desa Bhuwana Sari Jaya. 

Di tahun pertama menjalankan operasional, Pelaksana Operasional mengalami banyak kendala, diantaranya adalah kesiapan sumber daya manusia, belum padunya koordinasi internal pelaksana operasional, sulitnya mengembangkan unit-unit usaha, serta pemasaran yang sulit karena masyarakat belum sepenuhnya mengenal dan memahami kegiatan usaha BUM Desa Bhuwana Sari Jaya. Namun berbagai upaya telah dilakukan termasuk dengan melaksanakan penggantian Direktur BUM Desa Bhuwana Sari Jaya yang dianggap kurang cakap dalam menjalankan operasional. Perkembangan usaha di Januari 2019 menunjukkan angka yang positif meskipun masih banyak kendala di lapangan terutama pada unit usaha jasa swakelola sampah. Jumlah pelanggan yang meningkat drastis belum disikapi dengan kesiapan armada, petugas dan kualitas layanan yang baik.

Hal tersebut menjadi evaluasi bagi peserta musyawarah desa dengan memberikan apresiasi dan juga rekomendasi pada pelaksana operasional dan pengawas BUM Desa agar meningkatkan lagi performa dalam menjalankan usaha.